5 Objek Wisata Alam Rekomendasi Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Anda yang ingin liburan bisa menjadikan kawasan konservasi sebagai destinasi pilihan. Apalagi, kawasan konservasi di Indonesia kini sudah mulai dibuka kembali secara bertahap.

Salah satu kawasan konservasi yang bisa Anda kunjungi yakni Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Tak kalah populer dengan taman nasional lainnya yang ada di Indonesia, TNRAW juga memiliki sejumlah objek wisata alam yang tentunya memukau dan menarik untuk dikunjungi.

Baca Juga : Bangun Pusat Konservasi Rusa, Balai TN Rawa TN Rawa Aopa Watumohai Gelar Syukuran Adat Tolaki dan Morenene

Inilah lima objek wisata alam rekomendasi TNRAW untuk Anda yang butuh liburan karena bosan di rumah dan penat bekerja.

1. Rawa Aopa

Rawa Aopa merupakan hamparan perairan rawa dengan luas mencapai 12 ribu ha. Terletak di Desa Pewutaa, Kecamatan Angata, Kabupaten Konawe Selatan. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan diantaranya memancing, susur rawa, penelitian, fotografi, mendayung, dan bird watching.

2. Puncak Ahuawali

Destinasi wisata ini berada di Desa Ahuawali, Kecamatan Puriala, Kabupaten Konawe. Di sini pengunjung bisa menikmati pesona keindahan negeri di atas awan, rerumputan savana, pepohonan hijau, dan bentangan padang ilalang, serta hamparan sawah di kaki bukit. Jaraknya, hanya 65 km dari ibukota Sultra, Kota Kendari.

3. Mangrove Ecotourism Site

Objek wisata ini terletak di Semenanjung Selat Tiworo yakni perbatasan antara Kabupaten Konawe Selatan dan Bombana. Ekosistem mangrove TNRAW memiliki luas 6.317 ha. Terluas di Pulau Sulawesi.

Pada salah satu area di peralihan ekosistem mangrove dan savana, terdapat habitat alami salah satu satwa endemik yang dilindungi yaitu Anoa dataran rendah. Satwa ini juga menjadi ikon Sulawesi Tenggara (Sultra).

4. Savana Education Track

Terletak di Desa Tatangge, Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan. Objek wisata ini memadukan konsep edukasi, tracking, dan pengamatan satwa serta menikmati panorama alam yang terdiri dari tiga site yaitu Hutan Pendidikan Tatangge, Hutan Pendidikan Mandumandula, dan Dermaga Mangrove.

Salah satu yang menarik dari kawasan wisata ini, karena memiliki keterwakilan dari tiga ekosistem di TNRAW yaitu ekosistem savana, ekosistem hutan hujan dataran rendah, dan hutan mangrove. Pada awalnya objek wisata ini ditujukan sebagai sarana pendidikan lingkungan.

Namun, berkembangnya kebutuhan wisata, peruntukannya pun bertambah untuk kegiatan camping, fotografi, jungle track, bird watching, penelitian, dan outbond. Selain itu juga untuk pengembangan demplot pengembangbiakan rusa timur seluas 5 ha.

5. Bukit Modus

Objek wisata yang berada di Desa Watu-Watu, Kecamatan Lantari Jaya, Kabupaten Bombana ini memiliki keindahan yang memang tidak perlu diragukan lagi. Bentang bukitnya berbaris rapi dengan kontur ketinggian yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version