Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai mengajak masyarakat memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019

104

Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai melaksanakan aksi memunggut sampah serentak di 3 lokasi diantaranya Pulau Harapan Desa Pewutaa Kecamatan Angata, Jalan Poros Tatangge – Langkowala sepanjang 20 km dan Muara Mangrove Lanowulu untuk turut andil dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019, Senin (04/03/19).

Dengan mengangkat tema “Kelola Sampah Untuk Hidup Sehat & Bernilai” serta mengundang beberap stakeholder untuk turut berpartisipasi diantaranya Manggala Agni Daops Tinanggea, Kelompok Pecinta Alam Kabupaten Kolaka, Konawe Selatan, dan Bombana, Masyarakat Muara Lanowulu, Masyarakat Desa Lantari Jaya, Masyarakat Desa Tatangge, Masyarakat Desa Pewutaa serta para Pelajar Tingkat SMA Lingkup Kecamatan Tinanggea, kegiatan ini berlangsung amat meriah serta sampah yang dihasilkan dari aksi inipun terbilang cukup banyak yakni berjumlah 635.5 kg dengan rincian : pulau harapan 32 kg, jalan poros Tatangge – Langkowala 546,5 kg dan muara mangrove lanowul 47 kg.

Pelaksanaan kegiatan didahului dengan apel pagi yang diikuti oleh seluruh peserta kegiatan dan penyampain sambutan serta pembukaan secara resmi oleh Bapak Ali Bahri, S.sos., M.Si selaku Kepala Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai.

Bapak Ali Bahri mengatakan dalam sambutannya “sampah merupakan tanggung jawab kita semua untuk bagaimana secara bijak mengelolanya sehingga sampah tidak menjadi sesuatu yang merusak lagi serta saya harapkan dengan adanya aksi kita hari ini mari kita sama-sama mengedukasi masyarakat sekitar maupun masyarakat yang melewati jalur bahwa sampah perlu kita kendalikan dengan baik. Sampah adalah masalah terbesar saat ini kalau bukan kita yang peduli siapa lagi.”

Hasil sampah yang dihasilkan langsung diserahkan kepada pengumpul sampah plastik untuk dilakukan pengolahan lebih lanjut.

Kegiatan ini dirangkaian pula dengan perlombaan, yakni lomba swafoto dan kelompok yang paling banyak menghasilkan sampah.

Di akhir acara seluruh staff Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai berharap bahwa aksi kecil hari ini dapat memberikan dampak yang besar bagi seluruh staff balai taman nasional rawa aopa watumohai pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Sumber :

Riska Pratiwi Sahrum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here