BTN Rawa Aopa Watumohai Gelar Rapat Evaluasi 2018 & Persiapan DIPA Tahun 2019

52
judul foto

Konsel, 15 Januari 2018, memulai awal tahun 2019, Balai Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) melakukan Rapat Evaluasi pelaksanaan kegiatan sepanjang tahun anggaran 2018 dan juga persiapan pelaksanaan kegiatan untuk tahun anggaran 2019, pada Senin 14 Januari 2018, di ruang rapat Balai TNRAW.

Pada arahan rapat evaluasi tersebut, Kepala Balai TNRAW Ali Bahri S,Sos., M.Si menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan kegiatan tahun 2018 antara lain yaitu mengapresiasi kinerja seluruh jajaran lingkup Balai TNRAW, yang pada tahun anggaran 2018 berhasil mencapai realisasi anggaran sebesar 99,96 %.

BTN Rawa Aopa Watumohai Gelar Rapat Evaluasi 2018 & Persiapan DIPA Tahun 2019Keberhasilan mencapai realisasi anggaran sebesar 99,96 % ini merupakan hasil kerja keras. Tanpa kerjasama yang baik belum tentu realisasi tersebut tercapai.

Oleh karena itu saya mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada seluruh pegawai lingkup Balai TNRAW dan berharap agar kinerja yang baik ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan di tahun 2019.

Namun masih ada yang perlu diperbaiki terkait administrasi dan pelaporan yang belum tertib dari lingkup Resort, SPTN dan Balai.

Dalam evaluasinya, Kepala Balai juga menekankan kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk meningkatkan disiplin kerja. Dikatakannya, ada beberapa tugas-tugas yang harus dilakukan sesuai jabatan masing – masing dengan penuh tanggung jawab karena kita sudah mendapatkan gaji dan tunjangan dari negara.

BTN Rawa Aopa Watumohai Gelar Rapat Evaluasi 2018 & Persiapan DIPA Tahun 2019Lebih jauh Kepala Balai mengulas terkait disiplin yang harus ditegakkan dan diperhatikan adalah tanggung jawab. Pejabat pemerintah yang diberikan amanah merupakan orang yang dianggap mampu memegang amanah, dianggap cakap, mampu, disiplin dan memiliki integritas serta loyal dalam memimpin suatu organisasi, sesuai dengan pesan dari Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Ir. Wiratno, M.Sc., yaitu 10 Cara Baru Kelola Kawasan Konservasi dan “Putting Spirit into Your Work” agar menjadi inspirasi dalam bekerja.

Dalam rapat ini, para Kepala SPTN dan Koordinator Pokja mempresentasikan realisasi kegiatan yang telah dilaksanakan pada Tahun 2018 dan kendala – kendala yang dihadapi pada saat pelaksaan kegiatannya.

BTN Rawa Aopa Watumohai Gelar Rapat Evaluasi 2018 & Persiapan DIPA Tahun 2019

Adapun kendala – kendala yang dihadapi antara lain yaitu terbatasnya kendaraan operasional di SPTN sehingga secara otomatis berpengaruh pada kinerja petugas di lapangan pada saat pelaksaan kegiatan seperti patroli.

Agenda rapat yang kedua adalah persiapan pelaksanaan DIPA Tahun 2019. Dalam sesi ini, Kepala Balai TNRAW, menyampaikan kepada seluruh PPK Balai dan SPTN untuk mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Kegiatan pada tahun 2019 dengan baik agar dapat berjalan efektif sejak awal Januari 2019 dan menekankan dalam pelaksanaannya tidak hanya semata – mata berpatokan pada serapan anggaran namun juga pencapaian output yang optimal sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat.

BTN Rawa Aopa Watumohai Gelar Rapat Evaluasi 2018 & Persiapan DIPA Tahun 2019

Pada kesempatan ini juga Koordinator Pokja Perencanaan mempresentasikan alokasi anggaran untuk kegiatan – kegiatan yang akan dilaksanakan pada Tahun 2019 kepada seluruh peserta rapat.

Adapun kegiatan – kegiatan untuk tahun 2019 ini antara lain kemitraan konservasi, bina daerah penyangga, perlindungan dan pengamanan, pemulihan ekosistem, peningkatan populasi spesies terancam punah dan pengembangan ekowisata.

Di akhir acara Kepala Balai menyerahkan Petunjuk Operasional Kegiatan (POK) kepada PPK SPTN I, II,III dan Balai dan memberikan penghargaan kepada Resort Terbaik Tahun 2018 yang pada tahun ini diberikan kepada Resort Poleang Laea SPTN II.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi yang berikan oleh Kepala Balai bagi Resort yang telah berdedikasi tinggi pada kawasan resortnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here