Bukit Awan Wisata Alam Di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) memiliki hamparan padang savana yang begitu luas. Tak hanya menyuguhkan keindahan padang savana saja, kawasan ini juga memiliki gugusan perbukitan.

Salah satunya bukit awan dengan ketinggian 340 sampai 540 meter di atas permukaan laut (MDPL). Perbukitan ini dijuluki bukit awan karena saat berada di puncaknya, Anda dapat menikmati awan yang menyelimuti Bukit Watumohai yang berada di sampingnya.

Ketika berkunjung ke tempat ini, Anda wajib melapor atau meminta izin kepada petugas TNRAW. Hal tersebut demi memastikan keamanan dan keselamatan, selain sebagai bentuk tanggung jawab TNRAW menjaga kawasan taman nasional tersebut.

Baca Juga : 5 Objek Wisata Alam Rekomendasi Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

Bukit awan tersebut, secara administrasi berada dalam wilayah Kabupaten Bombana. Untuk sampai ke kaki bukit awan, Anda harus melewati kawasan padang savana sejauh kurang lebih 2 kilometer. Jalurnya dari poros Konawe Selatan (Konsel) – Bombana.

Anda bisa membuat pilihan, apakah ingin menginap di kaki bukit atau di puncaknya. Namun, apabila menginap di kaki bukit, maka Anda harus mulai tracking sekitar pukul 04.00 Wita dini hari untuk menikmati keindahan sunrise di puncak bukit awan.

Jalur yang harus dilewati pun cukup terjal dan berbatu. Sehingga, sangat perlu untuk selalu berhati-hati. Kendati demikian, Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan air bersih sebab terdapat aliran air di kaki bukit.

Berbeda halnya, bila Anda menginap di puncak. Anda tidak mesti bangun lebih awal untuk tracking ke bukit awan. Hanya saja, Anda harus membawa lebih banyak air bersih karena di atas puncak tidak tersedia sumber air.

Meski begitu, oleh tim TNRAW, Anda disarankan agar camp di puncak bila ingin ke bukit awan. Bukit awan ini memiliki ketinggian 347 MDPL. Di mana jarak tempuh dari kaki gunung ke puncak kurang lebih 1,3 kilometer dengan waktu tracking satu setengah jam.

Di bukit awan ini Anda akan menemukan sejumlah spot berfoto yang indah. Salah satunya bongkahan batu yang berada di sisi kanan bukit dengan berlatar belakang Bukit Watumohai. Ketika beruntung, Anda dapat menikmati awan yang berjalan dari balik gugusan bukit di antara bukit awan tersebut.

Tak hanya pemandangan perbukitan dan awan, Anda juga dapat menikmati keindahan berbagai jenis tanaman di sana. Juga burung-burung yang beterbangan mencari makanan di pepohonan di atas bukit.

Setelah puas menikmati keindahan di puncak bukit awan, Anda bisa berenang di kolam air tawar site Mandu – Mandala ketika turun dari puncak bukit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Exit mobile version