Umat Hindu Melaksanakan Ibadah Melasti di Wisata Alam Mangrove Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

94

Rabu 6 Maret 2019 menjadi hari yang bermakan bagi umat hindu Desa Lapoa Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan. Mereka melaksanakan ibadah melasti yang merupakan rangkaian kegiatan sebelum melaksanakan ibadah nyepi di kawasan wisata alam mangrove Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW).

Sebanyak kurang lebih 250 peserta melakukan ritual dalam rangka mensucikan diri memasuki Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941. Keberadaan komunitas pemeluk agama Hindu ini berada tidak jauh (±7 km) dari kawasan TN rawa Aopa Watumohai (TNRAW).

sejumlah sesaji yang ditaruh pada jempana tampak diarak umat hindu ke pinggir laut. Terdengar pula suara gamelan khas Bali mengiringi umat Hindu saat mengarak sesaji pada jempana tersebut.Hari raya Nyepi pada hakikatnya merupakan perayaan tahun baru Saka yang oleh umat Hindu dilaksanakan dengan menjalankan catur brata penyepian (4 jenis puasa) selama 24 jam diantaranya amati geni, (tidak menyalakan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungayan (tidak bepergian) dan amati lelanguan (tidak ada hiburan).

 

Menurut Ketut Sukrawan, ketua Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI) Desa Lapoa, dipilihnya kawasan TNRAW sebagai tempat pelaksanaan melasti memiliki beberapa alasan, diantaranya Lokasinya mudah dijangkau dengan kendaraan roda 4 maupun roda 2,Area sekitar dermaga Muara Mangrove Lanowulu memiliki kemampuan untuk menampung semua aktivitas umat dalam melaksanakan upacara, dan Kegiatan ini telah dikoordinasikan dan memperoleh izin resmi tertulis dari pihak pengelola kawasan TNRAW.

Kegiatan ibadah melasti dilaksanakan pada pukul 10.00 WITA sampai dengan 13.00 WITA dan dalam pelaksanaannya tidak terjadi hal-hal yang mengganggu jalannya ibadah melasti tersebut.

Adanya kegiatan ini merupakan bukti bahwa keberadaan kawasan TNRAW mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat dalam menjalankan kegiatan budaya dan ritual yang dapat dijadikan atraksi wisata.

 

 

Sumber :

Riska Pratiwi Sahrum

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here